R

Sabtu, 14 Mei 2016

UAPAYA MENGOBATI ASAM URAT


GEJALA ASAM URAT DAN PENGOBATANNYA DENGAN HERBAL
Asam urat sering menyerang orang tua yang berusia 50 tahun ke atas. Namun sekarang banyak anak muda yang usianya di bawah 50 tahun sudah terserang asam urat. Hal ini antara lain karena pola makan dan pola hidup serta pola pikir yang tidak teratur. Apa bila asam urat menyerang misalnya di persendian kaki maka sering kali penderita tidak bisa melakukan aktifitasnya sehari hari. Di bawah ini ada artikel yang mudah mudahan dapat membantu untuk mengurangi asam urat. Semoga bermanfaat.

1.Mari Mengenali Gejala Kolesterol dan Asam Urat Sejak Dini

 SUMBER : http://dedaunan.com/mari-mengenali-gejala-kolesterol-dan-asam-urat/
Gejala kolesterol dan asam urat biasanya kurang diperhatikan karena mirip-mirip dengan penyakit biasa, meskipun begitu sebaiknya kita selalu mewaspadai gejala-gejalanya. Mengetahui gejala tersebut sejak dini tentu bisa membantu para penderita penyakit ini untuk lebih cepat melakukan perawatan ataupun proses pengobatan bila diperlukan sebelum penyakitnya menjadi lebih parah. Akan tetapi sangat disayangkan bahwa pengetahuan masyarakat terutama masyarakat awam mengenai gejala dua jenis penyakit tersebut masih sangat minim. Nah, hal ini tentu membuat lebih banyak orang yang bisa berisiko terkena penyakit kolesterol dan juga asam urat. Bahkan banyak juga orang yang masih belum tahu apa itu penyakit kolesterol dan apa itu asam urat. Hal inilah yang membuat banyak orang tidak bisa melakukan pencegahan atau pengobatan sejak dini untuk menghindari penyakit tersebut menjadi lebih parah. Sebenarnya ada banyak gejala-gejala yang bisa diketahui oleh masyarakat agar bisa lebih waspada terhadap dua jenis penyakit tersebut. Ada juga beberapa jenis obat tradisional yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kolesterol dan asam urat. Dan pada artikel kali ini, kami akan membagikan sedikit informasi mengenai gejala kolesterol dan asam urat.

Macam-Macam Gejala Kolesterol dan Asam Urat yang Diwaspadai

Sebelumnya kita akan bahas terlebih dahulu apa itu kolesterol. Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks yang dihasilkan oleh tubuh. Yaitu 80% dihasilkan pada organ hati, sedangkan sisanya timbul karena faktor eksternal atau dari luar. Kolesterol bisa muncul dari makanan-makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Dan pada dasarnya kolesterol ini fungsinya adalah untuk membentuk dinding sel. Akan tetapi, kolesterol ini juga bisa meningkat, bahkan juga bisa berlebihan karena berbagai faktor terutama faktor dari luar berupa asupan makanan yang Anda konsumsi. Jumlah kolesterol yang terlalu berlebihan bisa cukup membahayakan tubuh sehingga jika Anda kelebihan kolesterol, Anda bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan.
Gejala kolesterol dan asam urat sangat beragam dan terkadang sering dianggap sebagai gejala penyakit ringan. Oleh sebab itu banyak orang yang sakit kolesterol dan asam uratnya kemudian berlanjut menjadi lebih parah. Kolesterol tinggi mendapat jululkan ‘silent killer’, karena penyakit ini bisa membunuh Anda perlahan jika tidak kunjung diobati. Bahkan kolesterol ini secara umum juga tidak menunjukkan gejala namun nantinya akan berakibat cukup fatal. Akan tetapi dalam beberapa kasus ada juga gejala yang ditunjukkan oleh kolesterol tinggi. Secara normal, kadar ukuran kolesterol adalah 160-200 mg. Dan jika kolesterol Anda sudah di atas 200 mg, waspadalah karena Anda sudah berada dalam zona bahaya.
Salah satu gejala kolesterol adalah Anda akan merasa berat di bagian tengkuk dan merasakan pegal di bagian pundak. Kepala Anda akan merasa berat dan juga sering merasa pegal-pegal. Nah, gejala kolesterol seperti ini biasanya diakiatkan karena suplai oksigen yang kurang di dalam tubuh. Kepala menjadi berat biasanya disebabkan karena pembuluh darah menyempit karena lemak tertimbun akibat kolesterol. Setelah itu asupan oksigen akan tersendat untuk menuju ke otak. Gejala lainnya adalah Anda sering merasa kesemutan. Kolesterol tinggi yang ada dalam tubuh Anda bisa mengakibatkan aliran darah mengental sehingga suplai oksigen menjadi berkurang.

2. Makanan Penurun Asam Urat yang Perlu Rutin Dikonsumsi


 SUMBER : http://dedaunan.com/makanan-penurun-asam-urat-yang-perlu-rutin-dikonsumsi/
Mengonsumsi makanan penurun asam urat bagi penderita dan yang rentan menderita asam urat tinggi sangatlah penting. Dewasa ini lebih banyak artikel memberikan penjelasan mengenai makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, padahal di sekitar kita banyak juga makanan penurun asam urat yang bisa kita coba. Mengonsumsi makanan ini akan lebih banyak membantu menjaga kadar asam urat daripada hanya sekedar berpantang dengan makanan penyebab asam urat tinggi saja.
Siapa yang tidak kenal dengan penyakit asam urat. Penderitanya akan mengeluhkan keluhan nyeri sendi dan nyeri pada jempol kaki (gambaran khas kasus ini) terutama jika saat sedang dalam cuaca dingin. Penyakit ini cukup banyak angka kejadiannya di negara kita karena ketidaktahuan masyarakat akan kandungan gizi yang ada dalam makanan yang dikonsumsinya. Untuk itu dalam artikel ini selain akan membahas beberapa makanan untuk menurunkan asam urat, kita juga akan membahas apa saja makanan yang harus dihindari penderita asam urat tinggi.
Jenis makanan penurun asam urat yang sehat
Asam urat atau lebih dikenal dengan istilah medis Gout Arthritis adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh terjadiya proses radang akibat penumpukan kristal asam urat di persendian. Kristal asam urat sendiri bisa terbentuk dikarenakan baik oleh intake yang berlebihan juga bisa disebabkan oleh pengeluarannya yang terganggu. Beberapa makanan berikut ini merupakan contoh makanan penurun asam urat yang akan membantu menetralisir tingginya asam urat di dalam tubuh.
·         Makanan dengan kandungan Kalium tinggi
Kandungan kalium yang tinggi pada beberapa jenis makanan seperti pisang, kentang, tomat dan juga yogurt dapat menyebabkan peningkatan pengeluaran asam urat oleh ginjal. Selain itu kalium juga merupakan ion di dalam tubuh yang memegang peran penting untuk menjaga keseimbangan pH (keasaman) di dalam darah.
Kalium yang dikonsumsi dari makanan penurun asam urat ini juga dapat mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam ginjal, sehingga selain dapat mencegah asam urat makanan-makanan ini juga dapat mencegah terjadinya batu ginjal yang disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi.
·         Pilih makanan berkarbohidrat kompleks
Contoh jenis makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks adalah beras cokelat, oats atau gandum, kentang, jagung, labu, dan beberapa jenis sayuran juga buah-buahan seperti brokoli, kol, wortel, terong, timun dan lain-lain. Pemilihan jenis karbohidrat ini dianjurkan mengingat konsumsi karbohidrat sederhana seperti gula pasir, gula merah, madu, berbagai jenis kue, susu dan cokelat akan meningkatkan kadar fruktosa yang diketahui dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh kita.
·         Jeruk nipis
Buah yang satu ini merupakan bahan herbal dengan begitu banyak keuntungan positif bagi kesehatan kita. Salah satunya adalah untuk menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh kita. Kandungan asam sitrat dan juga asam askorbat yang dimilki buah ini sangat berperan dalam menetralkan asam urat yang tinggi dalam darah.
Menurut sebuah artikel penelitian “Arthritis and Rheumatism” pada tahun 2005 melaporkan bahwa konsumsi asam askorbat atau Vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis maupun jenis makanan lain seperti buah pepaya, jeruk maupun stroberry sebanyak 500 miligram per hari selama 2 bulan mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah secara signifikan.
Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi air perasan jeruk nipis sebanyak 2 gelas per hari. Selain itu untuk jenis buah-buahan kaya Vitamin C, anda dapat mengkonsumsinya setiap hari sebanyak 2 sampai 4 kali. Seperti contoh anda dapat mengkonsumsi minimal 1 mangkok buah potong atau 1 buah utuh dengan ukuran medium atau bisa diganti dengan segelas jus buah segar.
·         Buah cherry
Buah dengan warna merah segar dan ukuran yang kecil ini merupakan salah satu makanan yang bisa anda coba untuk mengurangi gejala asam urat. Buah cherry mengandung anthocyanins, sebuah anti oksidan yang sangat baik. Anthocyanin ini memiliki efek anti radang yang dapat mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh penimbunan kristal asam urat.
Selain itu, dalam sebuah penelitian dikatakan konsumsi cherry sebanyak 280 gram dapat meningkatkan pengeluaran asam urat oleh ginjal. Untuk mendapatkan efek positif tersebut anda bisa mengkonsumsi buah ini sebanyak 200 gram atau sekitar 40 buah cherry per harinya.
·         Buah apel
Kandungan buah apel yang penting disini adalah kandungan asam malat yang dapat menetralkan tingginya kadar asam urat di dalam darah. Anda dapat mengkonsumsi minimal 1 buah apel per hari untuk mengontrol kadar asam urat anda guna mengurangi tingkat kekambuhan penyakit ini.
Selain itu sebagai makanan penurun asam urat anda juga dapat mencoba beberapa bentuk olahan lain dari buah apel, seperti cairan cuka apel yang juga baik bagi proses pencernaan sehingga dapat mempermudah pengeluaran asam urat. Cairan cuka yang berasal dari apel ini sudah banyak dipasarkan, anda bisa mengkonsumsi campuran 1 gelas air dengan 2 sendok teh cairan cuka apel dan sebagai penambah rasa anda bisa tambahkan 2 sendok teh madu.
·         Konsumsi air putih
Selanjutnya, konsumsi air putih yang banyak juga dapat mengoptimalkan kerja ginjal dalam mengeluarkan asam urat yang tinggi.
Setelah membahas beberapa tipe makanan penurun asam urat di atas dengan berbagai mekanismenya untuk mengatur, mengontrol dan juga menurunkan kadar asam urat dalam darah, sekarang kita akan membahas beberapa makanan pantangan asam urat. Karena seperti sudah dijelaskan di atas, selain menetralisir kadar asam urat di dalam darah dan meningkatkan pengeluarannya lewat ginjal kita tetap perlu mengontrol intake asam urat dari makanan yang kita makan.
Asam urat merupakan produk dari metabolisme purin yang kita dapat dari berbagai jenis makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Selain dari makanan, purin juga merupakan hasil metabolisme dari pemecahan sel yang terjadi di dalam tubuh manusia. Untuk itulah kita perlu mengetahui beberapa makanan pantangan asam urat guna mengontrol kadarnya di dalam darah.
Beberapa makanan yang harus dihindari penderita asam urat tinggi antara lain jeroan atau produk organ dalam dari hewan seperti otak, paru-paru, hati, limpa, usus, ginjal dan babat yang sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain itu beberapa jenis seafood (makanan laut) seperti udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, kerang, tiram, ikan teri dan ikan sarden juga dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah.
Berbagai jenis daging (protein hewani) merupakan sumber asam urat yang cukup tinggi dan hal ini diikuti juga oleh hasil olahan daging seperti dendeng dan juga abon. Makanan-makanan yang dikalengkan seperti kornet dan daging-dagingan yang telah dikemas juga perlu dihindari. Selain itu bagi anda yang memiliki penyakit asam urat, perlu dibatasi konsumsi kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan olahannya, kacang tanah, emping dan juga melinjo.

3. Daftar Makanan Pantangan Asam Urat yang Perlu Dihindari

·         SUMBER ; http://dedaunan.com/daftar-makanan-pantangan-asam-urat-yang-perlu-dihindari/
Banyak masyarakat yang bertanya-tanya mengenai apa saja makanan pantangan asam urat yang harus mereka hindari. Hal ini tidak mengherankan mengingat angka penderita penyakit sendi ini cukup banyak di Indonesia. Asam urat merupakan suatu penyakit dimana didapatkan kandungan asam urat di darah dalam kadar yang tinggi. Penyakit ini jarang menyebabkan kematian, namun dapat menyebabkan nyeri yang luar biasa hingga kecacatan.
Penyebab dari penyakit asam urat bermacam-macam. Namun penyebab paling sering di Indonesia adalah karena keturunan atau genetik, dimana terjadi kelainan pembuangan kadar asam urat, yaitu dibuang di urin dalam kadar yang lebih sedikit dibanding orang normal sehingga kadar asam urat dalam darah meningkat. Keadaan asam urat yang tinggi ini suatu saat dapat memicu timbulnya nyeri atau serangan asam urat pada persendian.
Cara Mengatasi Asam Urat: Menghindari Makanan Pantangan Asam Urat
Salah satu yang memicu timbulnya serangan pada penyakit asam urat adalah kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Kadar asam urat ini dapat dipengaruhi oleh makanan apa saja yang kita konsumsi, terutama oleh makanan pantangan asam urat yang mengandung kadar asam urat yang tinggi. Dengan menghindari makanan pantangan asam urat, diharapkan kadar asam urat dalam darah menurun dan orang tersebut menjadi jarang mendapat serangan asam urat yang menyakitkan tersebut.
Pada prinsipnya, cara mengatasi asam urat adalah dengan mengurangi makanan pantangan asam urat, bahkan beberapa macam makanan yang mengandung kandungan asam urat yang tinggi sebaiknya sama sekali dihindari dan dipantang. Selain itu, disarankan juga bagi penderita asam urat untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak, mengkonsumsi protein dalam jumlah yang sedang dan mengkonsumsi karbohidrat dalam persentase yang lebih tinggi. Dan sangat disarankan untuk minum air minimal 2.5 liter per harinya.
Berikut adalah daftar makanan pantangan asam urat yang mengandung kandungan asam urat yang sangat tinggi:
·         Ekstrak Daging
Makanan pantangan asam urat yang pertama adalah ekstrak daging. Apa itu ekstrak daging? Ini merupakan suatu bubuk yang biasa dibuat menjadi kaldu bila dicampurkan dengan air. Meskipun kurang popular, beberapa penelitian kedokteran mengatakan bahwa ekstrak daging mengandung kadar asam urat yang sangat tinggi dan merupakan makanan pantangan asam urat.
·         Jeroan
Yang termasuk dalam kelompok makanan ini ialah usus, babat, otak, hati, paru-paru dan organ binatang lainnya. Ya, makanan pantangan asam urat nomor satu ini haruslah dihindari bahkan benar-benar dipantang. Kandungan asam urat yang dikandung dalam makanan ini sangatlah tinggi dikarenakan sel penyusun organ tersebut yang banyak dan menyumbang kadar asam urat yang tinggi.
·         Ikan
Tenang saja tidak semua ikan termasuk makanan pantangan asam urat. Anda hanya perlu menghindari dan memantang beberapa jenis ikan yang ternyata mengandung kadar asam urat yang tinggi. Beberapa jenis ikan yang harus Anda hindari adalah ikan sarden, herring, teri dan makerel. Disebutkan bahwa ikan kembung dan ikan tenggiri merupakan salah satu bagian dari ikan makerel juga. Cukup mengejutkan bahwa ternyata ikan ini mengandung kadar asam urat yang tinggi dan harus dihindari oleh penderita asam urat.
·         Kerang
Berbagai macam jenis kerang dapat menyebabkan serangan asam urat karena kadar asam uratnya yang tinggi. Makanan pantangan asam urat ini sebaiknya dihindari bagi Anda yang sering mengalami serangan asam urat, karena penelitian menunjukkan adanya hubungan antara banyak mengkonsumsi kerang dengan jumlah serangan asam urat.
·         Alkohol
Alkohol dalam bentuk apapun sebaiknya dihindari. Misalnya minuman beralkohol, rum atau makanan fermentasi yang mengandung alkohol. Terutama hindari minuman beralkohol. Metabolisme alkohol yang Anda konsumsi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah sehingga dapat memicu terjadinya serangan asam urat.
·         Ragi dan Makanan yang Mengandung Ragi
Makanan pantangan asam urat lainnya ialah makanan yang mengandung ragi. Ragi dibutuhkan untuk pembuatan makanan seperti kue dan roti. Cukup mengejutkan memang bahwa makanan dengan ragi ternyata mengandung kadar asam urat yang tinggi dan sebaiknya dihindari. Penelitian menunjukkan bahwa pengurangan kadar ragi dalam menu makanan penderita asam urat ternyata menyebabkan serangan yang lebih jarang dan dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.
Kini, mari kita lihat makanan pantangan asam urat yang mengandung kandungan asam urat yang sedang. Karena makanan di kategori ini tidak terlalu banyak mengandung asam urat, tidaklah apa-apa mengkonsumsi makanan ini sekali-sekali.
·         Semua Jenis Daging
Daging merah atau pun putih ternyata mengandung kadar asam urat juga. Terutama, asam urat didapatkan dalam kadar yang lebih tinggi di daging merah. Namun karena kandungannya yang tidak terlalu banyak, sesekali menikmati daging merah seperti daging sapi bukanlah masalah besar.
·         Semua Makanan Laut
Makanan laut memang terkenal mengandung banyak kandungan asam urat. Namun, beberapa makanan laut ternyata hanya mengandung kadar asam urat dalam jumlah yang sedang. Jangan lupa menghindari ikan dan kerang yang telah disebutkan di atas karena mengandung kadar asam urat yang sangat tinggi.
·         Sayuran Hijau
Beberapa sayuran hijau seperti kangkung dan bayam serta sayuran lain seperti kacang-kacangan dan jamur memang meiliki kadar asam urat dalam jumlah yang sedang. Namun, jenis makanan ini menjadi kontroversi karena meski banyak dikatakan sering menyebabkan serangan asam urat, banyak penelitian yang mengatakan bahwa sayuran tidaklah memicu serangan asam urat. Malah, sayuran disarankan sebagai makanan yang baik bagi penderita asam urat karena dapat membantu menurunkan berat badan.
Cara Mengatasi Asam Urat Lainnya yang Harus Anda Lakukan
Selain menghindari makanan pantangan asam urat, salah satu cara mengatasi asam urat yang sangat disarankan adalah memodifikasi gaya hidup. Ternyata, penyakit asam urat sangat erat hubungannya dengan penyakit darah tinggi dan kegemukan. Mengobati penyakit darah tinggi dengan olahraga dan mengurangi makanan bergaram juga penting dilakukan karena penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi yang berkurang dapat pula mengurangi kadar asam urat dalam darah.
Orang dengan asam urat yang tinggi juga disarankan mengkonsumsi karbohidrat kompleks dalam jumlah yang lebih banyak, seperti buah dan sayuran. Penderita asam urat haruslah mengurangi asupan gula sederhana seperti kue, permen, minuman manis dan hidangan manis lainnya. Mengurangi berat badan hingga tercapai berat badan yang ideal juga dapat membantu mengurangi derajat keparahan penyakit ini.
Bagaimana, setelah Anda membaca artikel ini kini pertanyaan Anda mengapa Anda sering mengalami serangan asam urat atau mengapa kadar asam urat dalam darah tidak kunjung turun akhirnya terjawab bukan? Janganlah ragu mengkonsumsi sayuran hijau karena kandungan asam uratnya yang tidak terlalu tinggi dan jarang memicu serangan asam urat. Jangan lupa juga untuk minum air dalam jumlah yang banyak karena dapat mengurangi risiko terjadinya serangan asam urat. Selamat hidup sehat!

4.Menguak Manfaat Daun Sirsak untuk Diabetes, Asam Urat dan Kolesterol

SUMBER : http://dedaunan.com/menguak-manfaat-daun-sirsak-untuk-diabetes-asam-urat-dan-kolesterol/
Manfaat daun sirsak untuk diabetes sudah dirasakan oleh masyarakat sejak zaman dahulu. Ternyata sebelum adanya berbagai obat-obatan kimia yang beredar di pasaran saat ini, masyarakat dahulu sudah memanfaatkan tanaman yang lebih alami dan lebih sehat untuk mengatai penyakit diabetes. Tak bisa dipungkiri bahwa diabetes, asam urat dan juga kolesterol tinggi adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami masyarakat pada umumnya. Penyakit-penyakit ini juga biasanya dirasakan saat seseorang mulai memasuki usia tua, karena pada saat masih muda mungkin banyak orang yang menyepelekan penyebab-penyebab penyakit tersebut. Nah, daun sirsak ternyata adalah salah satu obat atau ramuan yang dipercaya bisa mengatasi masalah diabetes, asam urat ataupun kolseterol tinggi. Bahkan untuk keehatan tubuh pun daun sirsak banyak manfaatnya. Untuk lebih memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat, bagi para penderita diabetes mungkin disarankan agar lebih banyak mengonsumsi obat-obatan herbal dan alami ketimbang obat-obatan kimia yang mungkin akan berdampak jika terlalu banyak dikonsumsi.

Apa Manfaat Daun Sirsak untuk Diabetes dan Kesehatan?

Diabetes atau yang juga biasa disebut dengan penyakit kencing manis adalah salah satu jenis penyakit yang cukup sulit diatasi saat sudah mulai parah. Apalagi saat ini diabetes dianggap sebagai salah satu penyakit berat, karena risiko terburuknya adalah kematian. Pada umumnya selain dikarenakan oleh faktor genetika, diabetes juga sangat dipengaruhi oleh pola hidup penderitanya. Misal si penderita sebelumnya terlalu sering mengonsumsi gula, hal tersebut diketahui bisa menjadi salah satu faktor pemicu munculnya diabetes. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui gejala awal penyakit ini dan memanfaatkan obat-obatan alami seperti daun sirsak untuk mengobatinya atau mencegahnya agar tidak bertambah arah. Menurut teori yang ada, penyakit diabetes terjadi saat kadar glukosa darah melebihi batas normal, yaitu kisaran 70mg/dl sampai 120 mg/dl. Masalah tersebut akan membuat tubuh Anda mengalami kekurangan insulin sehingga metabolisme di dalam tubuh penderita tidak bisa berlangsung secara normal.
Lalu apa manfaat daun sirsak untuk diabetes? Sampai saat ini ternyata diketahui bahwa kandungan yang ada di dalam daun sirsak bisa menurukan kadar gula dalam darah sampai pada batas normal kadar gula darah menurut WHO. Para ilmuan pun masih melakukan penelitian lebih lanjut mengenai berbagai manfaat daun sirsak untuk kesehatan termasuk untuk mengatasi diabetes. Pasalnya meskipun sudah banyak teruji oleh masyarakat, namun ternyata penggunaan daun sirsak untuk mengatasi diabetes ini masih belum teruji secara klinis. Namun saat dilakukan percobaan, para peneliti berhasil menemukan teori bahwa kandungan yang ada pada daun sirsak ini bisa memperbaiki fungsi sel beta pankreas yang fungsinya untuk memproduksi insulin.
Beberapa zat atau senyawa yang terkandung di dalam daun sirsak seperti lemak, vitamin A, vitamin B, fruktosa, protein, kalsium senyawa alkaloid, saponin, flavonoid, steroid dan juga asetogenin inilah yang membantu tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah untuk tetap berada pada batas normal.
Nah, ternyata manfaat daun sirsak untuk diabetes atau untuk penyakit lain sudah cukup teruji karena sudah banyak orang yang memanfaatkan ramuan tradisional ini, bahkan para ilmuan pun mengakuinya. Akan tetapi tidak sembarang daun sirsak yang bisa Anda manfaatkan. Anda membutuhkan jenis daun sirsak yang masih muda untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Cara pembuatan ramuannya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Pertama yang perlu Anda persiapkan adalah daun sirsak muda. Kemudian rebus daun sirsak tersebut dengan air sampai airnya mendidih. Nah, setelah itu ambil airnya dan Anda bisa meminum ramuan tradisional ini setia hari agar penyakit diabetes bisa segera teratasi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari daun sirsak untuk penyakit diabetes, Anda disarankan agar meminum ramuan ini saat malam hari sebelum tidur.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Selain manfaat daun sirsak untuk diabetes, daun sirsak ternyata juga bisa mengobati atau membantu mengatasi penyakit tekanan darah tinggi. Namun untuk mengatasi jenis penyakit ini, Anda juga memerlukan daun alpukat sebagai bahan tambahannya. Rebus kedua jenis daun tersebut dalam air ampai airnya mendidih, setelah itu minum ramuan tradisional tersebut sama agar tekanan darah menurun. Untuk mengatasi dua jenis penyakit tersebut yaitu diabetes dan juga hipertensi atau tekanan darah tinggi, konsumsilah secara rutin agar metabolismetubuh Anda pun lebih lancar dan bisa menjaga kebugaran tubuh Anda.
Manfaat lain adalah untuk membantu mengatasi kolesterol di dalam tubuh. Manfaat daun sirsak untuk kolesterol dalam tubuh agar kolesterol bisa terjaga dengan baik dan tidak memberikan dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat yang ada di dalam daun sirsak bisa membuat kolesterol menjadi lebih stabil dan normal. Cara membuat ramuannya pun sama dengan cara membuat ramuan daun sirsak untuk diabetes dan juga untuk hipertensi.
Selanjutnya, selain manfaat daun sirsak untuk diabetes bisa memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh, ada juga manfaat daun sirsak untuk asam urat yang ternyata juga sudah dikenal sejaka zaman dahulu. Daun sirsak bisa digunakan untuk mengatasi asam urat asal digunakan dengan tepat. Efek yang bisa Anda rasakan pun cukup cepat setelah Anda mengonsumsi ramua daun sirsak tersebut. Cara ppembuatan ramuanya juga sama dengan cara-cara sebelumnya. Ambil lima lembar daun sirsak yang masih muda, lalu rebus sampai mendidih dengan air bersih. Setelah itu biarkan rebusan dingin, lalu tuag ke dalam gelas da konsumsi ramuan tradisional tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari. Jika Anda mengonsumsinya dengan rutin dan denga bersugguh-sungguh. Anda akan merasakan efek positifnya dalam waktu yang relatif cepat.
Ternyata banyak sekali bukan manfaat daun sirsak untuk kesehatan? Ada manfaat daun sirsak untuk diabetes, manfaat daun sirsak untuk asam urat, kolesterol dan beberapa jenis penyakit lainnya. Akan tetapi ada satu hal yang harus menjadi perhatian Anda jika Anda memang memutuskan untu menggunakan daun sirsak sebagai obat alami atau tradisional yang bisa membantu menyembuhkan penyakit Anda. Percayalah dengan obat tersebut meskipun hanya dalam bentuk daun dan belum diracik secara modern sehingga menjadi tablet, pil atau sejenisnya seperti yang dijual di pasaran.
Kita ketahui bersama bahwa pengetahuan di bidang medis dan kesehatan sudah semakin maju, akan tetapi bukan berarti Anda bisa meninggalkan manfaat alam yang ternyata bisa memberikan dampak yang sangat positif bagi kesehatan. Salah satunya adalah daun sirsak yang ternyata manfaat daun sirsak untuk diabetes, asam urat, dan beberapa jenis penyakit lainnya sudah teruji oleh masyarakat bahkan sudah dibuktikan oleh para ilmuan. Kesembuhan bukan hanya berasal dari obat atau dari yang mengobati saja, tetapi kepercayaan diri Anda untuk sembuh adalah salah satu kekuatan yang sangat luar biasa untuk bisa sembuh.
SEMOGA BERMANFAAT
 J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

2